blog visitors

Trip dan Trik mengatasi komputer



TIP & TRIK Mengatasi PC

    
Ada bisa mendownload file pdf di bawah yang lebih lengkap beserta gambar penjelasan ini sekedar cuplikan isi dari artikel 
 
1.      Mengubah Partisi Harddisk
Untuk mengubah partisi hard disk, anda mesti membackup semua data terlebih dahulu. Agar data tidak hilang, jika belum pernah mintalah bantuan teman atau dosen untuk membimbing.
Untuk mempartisi harddisk yang aman sebaiknya menggunakan program untuk partisi seperti PowerQuest’s Partition Magic, agar tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

2.      Membuat Windows booting lebihcepat
            Dari Regedit
            Ctrl+F---ketik MenuShowDelay---ubah nilainya menjadi0---terus keluar.
DenganTune up utilities 2003
Software ini dapat memaksimalkan kinerja komputer, memperbaiki yang error dan membantu menkongfigurasi system sehingga windows berjalan lebih cepat, aman dan nyaman.
Tune up system control akan mengkonfigurasi system OS yang anda butuhkan dengan memodifikasi optical effect, security setting, input option, dan memori management. Ini mirip control panel tapi lebih mudah.
Tune up maneger mengatur program yang akan dijalankan pada saat booting windows. program yang tidak digunakan dapat dimatikan sehingga tidak membuang resource yang ada. Sedangkan tune up disk cleaner membersihkan  file pada harddisk, dan tine up registry cleaner akan membersihkan kesalahan invalid entries, references serta link pada registry.
Adanya tune up akan meng-optimizer dapat memonitor system pada background dan secaraotomatis mengoptimalkan memory anda ketika diperlukan. Sedangkan untuk menjaga kerahasiaan anda, melalui tine up shredder dapat menghapus file dan tidak dapat me-recovery kembali.

3.     PC tidak menyala (tidak bisa menjalankan sistem operasi)
Jika PC anda tidak mau menyala, bukan berarti hard disknya yang rusak. Periksa dulu kabel power, mungkin terlepas atau aliran listrik yang terputus. Kalau listrik mengalir dan fan power supplay telah berputar, BIOS juga aktif, namun tidak bisa masuk kesistem operasi, maka kemungkinan ada system files yang terhapus. Tandanya jika ada pesan invalid system disk atau missing operating system.
Problem yang boleh dibilang gawat adalah jika hard disk dari PC sama sekali nggak mau diakses. Periksa dulu kabel datanya, kalau kabel data sudah terpasang dengan baik dan BIOS bisa mendeteksi harddisk anda, maka kemungkinan penyebabnya adalah serangan virus, kerusakan secara mekanis, dan program–program “buruk” yang mengatur hard disk, menginstal system operasi yang berbeda, atau program partisi yang malah merusak hard disk, oleh karena itu hati–hati terhadap virus dengan mengupdate anti vurus secara teratur dan jangan asal menginstal program.
Jika komputer masih tidak bisa booting jangan panik, coba periksa MBR (master boot record) mungkin rusak jika memang rusak kita bisa membuatnya kembali dengan fitur yang ada diwindows 95, 98, ME atau dari program antivirus atau utility lain, caranya masukkan disk starup lalu ketik FDISK /MBR.
Untuk mengembalikan lagi files yang hilang pada windows 95, 98, atau Me  (bukan Windows 2000 atau XP), nyalakan PC anda dengan disket windows startup, dan setelah muncul  prompt A:\ , ketikan SYS C: lalu klik enter. Computer akan meng-copy system system files dari disket ke hard disk.
Jika anda memililki aplikasi SystemSuite atau SystemWorks, berarti sudah ada fasilitas disk manajemen ataupun recovery didalamnya. Ini cukup berarti untuk mengamankan komputer anda dari kerusakan sistem.

4.      Recovery Data
Meski PC anda terbakar, tenggelam, atau pun jatuh dari ketinggian, penyelamatan data masih tetap memungkinkan, selama piringan dalam hard disk masih bisa diselamatkan.
Layanan–layanan jasa untuk recovery data seperti ini sudah banyak. Gunakan tools data recovery, atau mengirimkan hard disk yang rusak ke laboratorium perbaikan, hanya saja, biaya untuk servis seperti ini mahal banget tergantung  juga seberapa parah disk itu rusak.

5.      Proses Defrag selalu gagal
Kegagalan proses defrag biasa terjadi bila anda menjalankan program lainnya pada saat proses berlangsung, mungkin anda merasa sudah menutup semua program, tetapi sistem komputer masih mencatat  beberapa program yang sedang berjalan.
Untuk mengetahui , tekanlah Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Akan muncul kotak dialog close program. Perikasa program apa saja program yang sedang berjalan saat ini. Selain Explorer dan systray, hentikan semua program lainnya dengan  meng-kliknya dari daftar dan klik tombol End task.
Cobalah lagi menjalankan proses defrag. Bila masih bermasalah, cobalah memunculkan Dialog Box System Configurasi  Utility.

6.      Menonaktifkan MS-DOS prompt
Kami pernah menemukan beberapa warnet yang dengan ketatnya menonatifkan berbagai fitur di windows untuk langkah pengamanan. Mulai dari penyembunyian menu run, hingga melarang klik kanan. Tapi ada suatu hal yang terlupa. Mereka hanya menghapus shortcut [MS-DOS promt] dimenu [startw indows tanpa men-disable melalui registry. Padahal menonaktifkan menu [Run] tanpa men-disable MS- DOS prompt sama dengan bohong karena user dapat mengakses berbagai aplikasi termasuk registry editor dari sana. Biasanya MS-DOS masih tetap dapat diakses melalui C:\windows\ atau dengan menu [Restart computer in DOS mode] pada windows 9x.
Jika begitu keadannya, lalu bagaimana solusinya? Caranya mudah.anda dapat menonaktifkan MS—DOS prompt melalui registry.langkah-langkah lengkapnya adalah sebagai berikut:
·         Masuk keregistry editor melalui [start]>[run],ketikregedit.
·         Kemudian masuk
·         HKEY_CURRENT_USER\Software\microsoft\windows\currentversion\policies\winoldApp.
·         Jika subkeywinoldApp belum ada, klik kanan mouse pada bagian kanan window disubkey policies, lalupilih [new]>[key].
·         Setelah itu klik kanan mause, laluhpilih  [new]>[DWORD value] untuk membuat DWORD value baru.
·         Beri nama disable lalu isikan value datanya dengan 1 dan Restart PC anda

8.           Masalah registry Windows padasaat booting
Anda memiliki masalah (rusak) registry saat booting windows,dimana komputer anda selalu harus periksa registry dan selalu merestart komputer.
Jangan cepat melakukan re-install meskipun cara ini merupakan cara yang paling mudah (bagi teknisi malas) untuk mengatasi masalah pada mesin windows. 
Cobaikutilangkahberikut:
Mulailah restart PC anda. Ketika tampilan“ loading  Windows diperlihatkan , tekan tombol F8 sampai menu start up muncul. Pilih angka yang sesuai untuk menjalankan windows pada mode commant prompt.
Pada commant prompt, ketikkanC:\windows\Commant\attrib –h- s- r  C:\system.1 st<enter>
Ini akan mengubah angka attrib tertentu file pada file registry yang disimpan sebelumya. Selanjutnya,ketikkan  C:\windows\commant \attrib –h –s- r C:\windows\system.dat<takan enter>.ini akan mengubagh angka kunci attrib tertentu pada file registry yang sebenarnya.
Pada commant prom ketikkan : renc:\windows\system.dat *.dat<ttekan enter> ini akan mengganti rename file registry yang ada (system.dat) ke sebuah nama lain yang berbeda (misalnya system.dat).
Dari command prompt, ketik:copy C:\system. 1 st C:\windows\system.dat untuk  menyalin registry yang sudah disimpan sebelumnya dan membuatnya sebagai registry yang nantinya digunakan.
Shut down dan restart PC. Bila load windows berjalan baik dengan file registry yang telah di ubah, maka ini menunjukkan adanya kerusakan registry. 


Untuk artikel yang lebih lengkap bisa anda download di bawah ini...

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentarnya semoga berguna demi blog ini