blog visitors

Pengertian dan Penggunaan QR Code


Mungkin kamu pernah melihat di beberapa situs internet ada yang menampilkan sebuah gambar kode yang aneh. Bentuknya seperti kumpulkan kotak-kotak kecil dan besar yang tidak beraturan, seperti pada gambar di samping.
Sebenarnya gambar kode apa itu? Gambar di atas adalah QR Code, dalam bahasa indonesia disebut Kode QR. Menurut Wikipedia pengertian QR Code atau Kode QR adalah salah satu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan Denso WaveDenso Wave adalah sebuah divisi di perusahaan Denso Corporation Jepang, QR Code pertama kali dipublikasikan pada tahun 1994. Sedangkan perangkat yang digunakan untuk membaca QR Code disebut QR Scaner, atau pemindai QR. QR merupakan singkatan dari Quick response, dalam bahasa indonesia yang berarti respon cepat, singkatan ini sesuai dengan tujuan utama dari QR Code yaitu menyampikan informasi pada kode dengan cepat dan respon yang cepat pula.

Dalam wikipedia juga disebutkan bahwa QR Code merupakan evoluasi dari kode batang, dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Kode batang hanya mampu menyimpan informasi secara horizontal, sedangkan QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan veritikal. Jadi QR Code memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, CR Code mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji, kana, hiragana, simbol, dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang. Karena kelebihan-kelebihan inilah penggunaan QR Code sudah sangat lazim di jepang.

Perlu diketahui juga bahwa awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan di bagian manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular. Di Jepang, penggunaan kode QR sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca kode QR sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih kode QR sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa.
Lalu informasi apa yang disimpan di dalam QR Code di beberapa situs internet yang disebutkan di awal tadi? Informasi yang ditampilkan di QR Code pada beberapa situs umumnya berupa link download atau alamat situs tertentu. Mereka menyimpan link download atau alamat situs tertentu ke dalam QR Code agar pengguna yang memiliki ponsel yang dilengkapi fitur QR Code bisa langsung mengakses alamat situs yang tersimpan dalam QR code tanpa harus mengetik manual, pemilik ponsel berfitur QR Code hanya perlu mengarahkan ponselnya ke layar monitor untuk memindai QR Code, kemudian dalam hitungan detik alamat situs yang disimpan dalam QR Code di layar monitor akan tampil di ponsel pengguna.
Mungkin kamu juga bisa menebak bahwa belakangan ini kepopuleran QR Code semakin menjadi jadi setelah maraknya smartphone kelas menengah yang disertai fitur pemindai QR Code, salah satunya adalah ponsel bersistem operasi Android.
Sumber : http://ridwanaz.com

1 komentar:

QR Code Indonesia mengatakan...

Rata2 qr code yang dibuat berupa url. Kalau mau yang rasa Indonesia coba kunjungi
qr.my.to
Ada berbagai macam pilihan tampilan, warna dan format data
Misal QR Code untuk melengkapi kartu nama. Bisa di isi peta ke rumah, phonebook, atau format SMS. Ada versi gratis dan berbayarnya. Kalau mau mencicipi yang versi berbayar dikasih 3 kuota. Ada afiliasi juga, lumayan untuk tambahan penghasilan

Poskan Komentar

Terimakasih Atas Komentarnya semoga berguna demi blog ini