blog visitors

KARYA ILMIAH BISNIS ONLINE MELALUI GOOGLE ADSENSE

Bagi anda yang ingin mendownload klik link di bawah sendiri dan tolong tinggalkan komentar 


KARYA ILMIAH
BISNIS ONLINE MELALUI GOOGLE ADSENSE






Disusun oleh:
                                    Nama             : Akhid Ikhsannudin
                                    NIM               : xx.xx.xxxx
                                    Jurusan           : S1 TI-13






Dosen     : Prof. Dr. M. Suyanto, MM
                                                                                                         

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Jl. Ring Road utara, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274)884201
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah berkenan memberi petunjuk dan kekuatan kepada penulis sehingga karya ilmiah “Bisnis Online melalui Google AdSense” ini dapat diselesaikan tepat waktu sebagai salah satu untuk memenuhi tugas.
Dalam penulisan ini, penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan tugas ini, kepada:
1.    Bapak Prof. Dr. M. Suyanto, MM yang telah memberikan tugas untuk mengasah kemampuan penulis
2.    Kedua orang tua yang telah memberikan dukungan berupa moril maupun material
3.    Teman-teman yang memberikan motivasi, saran dan dukungan
Dalam penulisan tugas ini, penulis merasa banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan tugas ini.


Yogyakarta,08 Maret2012



        Penulis


ABSTRAK
Banyak pengguna internet sebagian belum mengetahui bahwa mesin pencari Google yang selama ini sering dipakai untuk mencari informasi ternyata bisa memberikan peluang bisnis yang berpotensi memberikan pemasukan uang tidak terbatas. Karena google mempunyai program memberikan peluang bagi pemilik situs/web/blog untuk memajang iklan dari google atau populernya disebut Googel Adsense. Intinya Google dapat memberikan kesempatan untuk memperoleh pendapatan duit dari internet.
Google Adsense merupakan program layanan iklan yang disediakan oleh Google. Iklan dari google adsense ini ditampilkan berdasarkan seleksi sesuai dengan halaman situs atau blog yang mempunyai relevansi. Dalam program iklan ini, Ada tiga kategori program google adsense yang ditawarkan yaitu AdSense for Content, AdSense for Search dan Referrals.
Pendaftaran google adsense sangat mudah dan itu bisa dilakukan siapapun asal umurnya di atas 18 tahun. Tetapi untuk diterimanya atau tidak itu terkantung isi blog, tingal kitanya saja. Di dalam pembahasan ini sudah dijelaskan cara mendaftar google adsense dengan lengkap. Dan perlu diketahui juga dalam berbisni dengan google adsense terdapat syarat dan ketentuan.










PENDAHULUAN

Akhir-akhir ini banyak orang yang telah membicarakan tentang Google AdSense. Apa itu Google AdsenseGoogle Adsense merupakan curriculum layanan iklan yang disediakan oleh Google. Dalam curriculum iklan ini, Google akan membayar kepada pemilik web atau blog yang menayangkan iklan dari google berdasarkan jumlah pengunjung yang meng-klik iklan dengan suatu perhitungan tertentu. Iklan google ini bisa anda lihat pada sisi atas atau sisi kanan ketika anda melakukan pencarian dengan mesin google, atau di dalam web/blog yang sudah mendaftar di google adsense dan diterima.
Iklan dari google adsense ini ditampilkan berdasarkan seleksi sesuai dengan halaman situs atau blog yang mempunyai relevansi. Misalnya blog tentang laptop, maka iklan yang ditampilkan adalah yang ada relevansinya dengan laptop
A.  Latar Belakang Masalah
Adsense merupakan program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.
Untuk itu penulis memilih judul “Bisnis online me Google AdSense” agar bisa mengetahui tentang apa google adsense itu dan bagaimana bisnis online melalui google adsense.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan Latar belakang di atas dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut:
1.    Pengertian Google AdSense?
2.    Cara Bisnis melalui Google AdSense?
C.  Tujuan
       Adapun Tujuan Pembahasan ini adalah:
1.    Mengetahui lebih jelas tentang bisnis dengan google adsense
2.    Mempelajari definisi google adsense




















PEMBAHASAN

1.    Pengertian Google AdSense
            Pengertian google adsense merupakan peluang bisnis online yang ditawarkan Google buat para web publishers untuk memperoleh penghasilan online dari situs yang dikelolanya pengertian untuk AdSense sendiri adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Untuk saat ini google adsense merupakan suatu bisnis online yang sangat menjanjikan dan mempunyai prospek bagus, bahkan sebuah investasi yang sangat menguntungkan karena seiring dengan meluasnya penggunaan internet maka pendapatan kita akan terus bertambah dengan adanya google adsense.
Ada tiga kategori program google adsense yang ditawarkan:
1.    AdSense for Content
                Kita memberikan sebuah ruang tempat untuk google menampilkan iklan-iklan dari advertiser google. Bila Anda lihat di bagian atas dan kolom paling kanan, akan terlihat sebuah box dengan teks Ads by Google berisikan satu atau lebih iklan tertentu. Iklan-iklan ini biasa disebut sebagai Google AdWords sedangkan program pemasangan iklan pada situs itu dikenal dengan istilah Google AdSense. Bila ada pengunjung yang meng-klik salah satu iklan yang terpasang di situs-nya, maka Google akan memberikan komisi pada pemilik situs yang besarnya sangat bervariasi (Sepenuhnya ditentukan oleh Google untuk masing-masing AdWords).
2.    AdSense for Search
Hampir mirip dengan AdSense for caontent, hanya saja AdSense for Search melibatkan mesin pencari Google dalam menentukan jenis Adwords yang muncul. Jadi, pengunjung sebuah situs melakukan pencarian terhadap kata kunci (keyword) tertentu lewat mesin pencari Google yang disediakan oleh pemilik situs. Bila pengunjung menemukan iklan dan dengan baik hati mengklik-nya, maka si pemilik situs akan memperoleh komisi dari Google untuk setiap klik. Jadi kita menempatkan mesin pencari google di situs kita.
  1. Referrals.
Adsense Referrals bentuk sama persis dengan type "for content", cuma bedanya yaitu dari sistem perolehan dollarnya. type ini, kita akan mendapatkan bayaran jika ada yang mendaftar/mendownload/membeli/menggunakan pruduk dari iklan tersebut

2.    Cara Bisnis melalui Google AdSense
Google AdSense merupakan sebagai iklan yang menerapkan aturan  cukup ketat tidak semua blog yang di daftarkan diterima sebagai publisher. Tetapi banyak juga yang diterima dan bahkan ada yang sudah sukses dengan bisnis google adsense ini. Berikut tips mendaftar google adsense dengan blog bahasa Indonesia :
·      Pertama buat blog dengan mengunjungi situs www.Blogger.com ( bagi yang belum punya blog) dan masukkan e-mail dan password jika belum punya dafta dengan klik sign up









Pastikan blog terisi postingan sebanyak mungkin
·      Ketik alamat www.google.com/adsense ,dartar sekarang dan pilih menu yang ada di dalamnya
·      Setelah itu isikan email dan password sepertigambar dibawah ini
  • Muncul Form Registrasi, isi dengan lengkap
Pada menu Website Information


Website URL, tulis alamat situs atau blog Anda, pilih bahasa yang di gunakan (bahasa Indonesia sekarang sudah support).



  • Pada Menu Contact Information;
Account Type, pilih “Individual”;
Country or Territory, pilih “Indonesia” atau negara mana yang anda tinggalin.
  • Payee Name (Full Name)
Tulis nama lengkap sesuai dengan KTP, SIM atau rekening bank.
Address line 1, isi dengan alamat lengkap rumah Address line 2 (optional), isi dengan alamat yang lain.
5. Policies, centang semua kota yang ada tanda anda setuju mengadakan perjanjian dengan Google AdSense (sebaiknya baca dulu).
6. Login Information, isi dengan alamat email yang akan dipakai untuk login ke account Google AdSense apabila nanti sudah diterima
7. SUBMIT INFORMATION, Periksa sekali lagi apakah semua sudah diisi dengan benar, jika sudah OK klik tombol SUBMIT INFORMATION.
8. Cek Email, klik link validasi yang dikirim otomatis ke email anda.
9. Selesai, Saat yang paling ditunggu apakah diterima oleh Google atau  ditolak. Biasanya setelah 2 s/d 7 hari akan ada balasan dari Google, jika beruntung akan ada email seperti dibawah ini:
Subject: Welcome to Google AdSense
Congratulations!
Your
Google AdSense Application has been approved. Your account is now
activated, and Google ads are being delivered to your pages.
You can login to your AdSense account ata any time, to make change to your ad layout or to view your activity reports.
Dan seterusnya ….
Jika kurang beruntung anda akan dapat email kira-kira seperti di bawah ini:
Unfortunately!
Dan seterusnya ….
Jika
anda dapat email yang kedua, jangan bersedih dulu masih ada kesempatan
selanjutnya. Kita bisa coba terus sampai berhasil, sangat sedikit orang
yang berhasil mendaftar dengan sekali daftar saja, rata-rata 3 kali
daftar baru bisa di Approve oleh Google. Untuk daftar yang kedua usahakan ganti data-data anda, ganti email, blognya, klo perlu ganti topik bahasannya.
Setelah
anda diterima maka langkah selanjutnya memasang Iklan Google AdSense ke
situs/blog kita, caranya anda bisa membaca postingan cara pasang iklan google adsense di blog kita.









PENUTUP
·      Kesimpulan
Dengan mempelajari pengertian dan bagaimana cara bisnis online melalui google adsense, maka dapat di simpulkan :
  • Dengan hadirnya Google AdSense dapat  menguntungkan banyak pihak
  • Menambah pengetahuan kita bisnis online dengan Google AdSense
  • Mengetahui lebih dalam bagaimana progam bisnis dari Google AdSense

·      Saran
Demi perkembangan kedepannya agar lebih baik penulis menyarankan :
·         Berikan penjelaskan yang lebih detail syarat dan ketentuan mendaftar google adsense
·         Beri penjelasan yang lebih detail cara pendaftaran agar orang-orang pemula bias lebih jelas memahaminya.










DAFTAR PUSTAKA

Baca juga

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Atas Komentarnya semoga berguna demi blog ini