blog visitors

Pengertian dan Hal yang Perlu di Perhatikan dalam Pembuatan Tipografi

Tipografi merupakan salah satu aspek dalam desain komunikasi visual. Dalam dunia desain grafis, tipografi adalah sebuah disiplin ilmu khusus yang mempelajari mengenai seluk-beluk huruf. Jenis huruf bisa menciptakan kesan-kesan tertentu. Pengertian lain dari tipografi adalah ilmu yang berhubungan dengan aksara cetak serta seni dalam merancang maupun menata aksara kaitannya dalam menyusun publikasi visual, baik cetak maupun non cetak. Tipografi juga diartikan sebagai ilmu yang berkaitan dengan profesi penata aksara di percetakan maupun seniman-seniman yang bekerja di perusahaan pembuat aksara. Dari berbagai pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa tipografi adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang penataan huruf yang dirancang oleh penata aksara yang digunakan untuk menyusun publikasi visual cetak maupun non cetak sehingga didapatkan penggunaan huruf yang tepat dan mampu menyampaikan pesan kepada pembacanya.
 Unsur penting dalam Tipografi ini 
  • Huruf
Huruf adalah hal yang pokok untuk pembuatan. tanpa huruf bearti kita bukan membuat tipografi, makanya huruf di seni berperan utama di proses pembuatannya.
  • Tipe huruf 
Yang selanjutnya tipe huruf perlu diperhatikan, ketika kita memilih tipe yang cocok dan sesuai  akan lebih terlihat sempurna. Masing-masing huruf dari tipe huruf tersebut memiliki ciri khas. Misalnya pada huruf ‘A/a’ saja, ada yang hurufnya lebih tebal atau gemuk dari yang lain, bisa jadi kaki-kaki hurufnya ada yang memiliki tangkai, atau lebih pendek atau lebih panjang, dan sebagainya. Perbedaan jenis huruf semacam ini disebut typeface/ font.

Contoh Gambar Tipografi
 
















  

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Atas Komentarnya semoga berguna demi blog ini